Kabupaten Luwu Timur

Kayu Ajaib Bajakah Ditemukan Warga Luwu Timur

552

LUWU TIMUR — Sebuah kayu bajakah yang diyakini mampu mengobati penyakit dan menguatkan imunitas ditemukan seorang warga Luwu Timur

Salah Seorang warga, Landreng (71 tahun), warga Desa Pekaloa, Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur, mengaku telah menemukan kayu bajakah di dalam hutan beberapa waktu lalu, Selasa (24/3/2020).

Landreng mengatakan, kayu bajakah yang ditemukannya di dalam hutam sempat kesulitan mengenalinya.

“Saya temukan ini kayu bajakah pada saat saya ke hutan. Memang bajakah ini saya dengar hanya hidup di hutan kalimantan. Tapi ternyata ada juga di hutan di Luwu Timur”, ucap Landreng kepada awak media.

Kayu Ajaib Bajakah Ditemukan Warga Luwu Timur 1

Landreng menuturkan, awalnya kayu tersebut sulit di kenali, apakah bajakah atau bukan. “Saya bawa pulang ke rumah dan mendapat informasi dari orang lain bahwa kayu tersebut bajakah. Katanya manfaat kayu bajaka bisa mengobati penyembuh kangker”, tambah Landreng.

Informasi yang dihimpun, kayu bajakah dapat meningkatkan Imunitas tubuh. Selain ampuh mengatasi kanker, manfaat akar bajakah juga berkhasiat dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh.

Tingginya kadar antioksidan pada tumbuhan bajakah sangat berguna untuk menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh.

Namun di balik khasiat kayu bajakah, terdapat kekhawatiran akan banyak orang memburu pohon itu sehingga bisa merusak hutan.

Informasi lain mengungkap, pohon bajakah tumbuh dengan cara merambat meski memiliki batang yang kuat dan cukup besar. Rambatan pohon ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 5 meter hingga ke puncak pohon lain.

Akarnya pun menghujam di dasar aliran air lahan gambut. Pohon ini hanya bisa hidup di lokasi rimbun di mana sinar matahari tak banyak masuk, tertutup rimbunnya hutan. (Erick)

Komentar

loading...