Kabupaten Bantaeng

Pengadilan Negeri Bantaeng Gelar Sidang Online Sikapi Pandemi Corona

212

MAKASSAR — Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Bantaeng menggelar sidang melalui online, tanpa menghadirkan terdakwa.

Sidang Online yang di gelar oleh Pengadilan Negeri Bantaeng untuk menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI, Nomor 379/DJU/PS.00/3/2020.

Hal ini dituangkan tentang persidangan perkara pidana secara teleconference tanggal 27 maret 2020, maka mulai senin, 30 Maret 2020, Pengadilan Negeri Bantaeng resmi melaksanakan agenda sidangnya secara online.

Pada akun media sosial Pengadilan Negeri Bantaeng, sidang online dilakukan selama masa darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona, Pengadilan Negeri (PN) Bantaeng, melaksanakan persidangan secara online (Teleconference).

Persidangan Online tersebut memanfaatkan fasilitas video conference antara pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Majelis Hakim, Jaksa, dan Penasehat Hukum berada di Ruang Sidang Utama PN Bantaeng, sementara untuk terdakwa yang menjalani persidangan online, yang bersangkutan tetap berada di lapas atau Rutan Bantaeng, tempatnya ditahan selama ini.

Sidang online merupakan pilihan yang tepat untuk menuntaskan perkara di tengah pandemi Corona. Terlebih Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) dalam suratnya sudah melarang pengiriman dan pengeluaran tahanan dari rutan. (Albar)

Komentar

loading...