Kabupaten Luwu Timur

HUT ke-17 Luwu Timur Rangkai Kebersamaan Lawan Covid-19

217

LUWU TIMUR — Pemerintah Kabupaten Luwu Timur menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Kabupaten Luwu Timur melalui sidang paripurna DPRD, Selasa (05/05/2020).

Namun perayaan Hari Jadi Kabupaten tahun ini sangat berbeda dari biasanya. Tidak ada perayaan, tidak ada perkumpulan masyarakat, dan tidak ada karnaval budaya seperti tahun-tahun sebelumnya.

Peringatan hari bersejarah bagi daerah ini digelar secara sederhana dikarenakan adanya wabah virus corona atau Covid-19. Perayaan ini digelar diruang sidang Paripurna DPRD dengan sistem virtual.

Semua yang hadir dalam ruangan menggunakan masker dan menerapkan physical distancing. Adapun tema peringatan tahun ini ialah “Spirit Bumi Batara Guru Bergerak Bersama Menanggulangi Covid-19”.

Paripurna HUT Lutim ini dibuka oleh Ketua DPRD Luwu Timur, H. Amran Syam, didampingi Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler, Wakil Ketua I dan II DPRD Lutim, dihadiri Anggota DPRD. Juga diikuti secara virtual/vidcon oleh Gubernur Sulsel, Prof. H. Muhammad Nurdin Abdullah, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bacry Syam, para kepala OPD, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Luwu Timur.

Ketua DPRD, H. Amran Syam dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana kita ketahui, acara paripurna DPRD Lutim yang pertama digelar hari ini dalam rangka memperingati HUT Lutim ke-17 yang secara resmi diperingati setiap tanggal 05 Mei setiap tahunnya.

“Dalam rentan waktu 17 tahun ini, secara umum telah banyak hasil pembangunan yang telah dicapai dan menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun,” jelas Amran Syam dalam sambutannya.

Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler mengatakan, perayaan hari jadi Kab. Luwu Timur tahun ini juga bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1441 H.

“Maka ijinkanlah kami, atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa,” ucap Husler.

Ditengah rasa syukur hari jadi Luwu Timur ini, sambungnya, kita semua juga sangat prihatin dengan kondisi daerah dan bangsa kita akibat pandemi virus corona atau covid-19.

“Kami sampaikan bahwa di Kabupaten Luwu Timur sudah 12 orang positif terjangkit virus corona, 1 diantaranya sudah sembuh dan 11 sementara dalam penanganan Tim Gugus dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur,” ujar Husler.

Dalam kesempatan ini pula Bupati mengajak seluruh elemen untuk bekerjasama, lupakan sejenak perbedaan dan perdebatan, mari saling menguatkan agar kita bisa sama-sama menghentikan penyebaran virus corona.

Sementara ditempat berbeda, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang mengikuti Paripurna HUT Lutim secara virtual mengucapkan Selamat Ulang Tahun Kabupaten Luwu Timur yang ke-17.

Semoga dengan kematangan usia Lutim selaras dengan kemampuan Pemerintah daerah dan peran serta masyarakat untuk melangkah bersama menyongsong masa depan yang lebih maju dan sejahtera.

Lanjut Gubernur, apa yang disampaikan Bupati tadi, itulah yang dibutuhkan disaat sulit seperti ini. Ini adalah momen yang tepat untuk mempererat persatuan, persamaan dan ikatan persaudaraan yang kokoh untuk memutus mata rantai pandemi virus corona.

“Hanya dengan komitmen bersama dan dukungan semua pihak, sinergi antar lembaga serta kesiapsiagaan masyarakat, utamanya dalam menerapkan protokol kesehatan, dan ditambah lagi kepatuhan masyarakat akan mempercepat kita bebas dari virus covid-19,” kunci Gubernur.

Komentar

loading...