Kota Makassar

PSBB Makassar Tahap Dua Tanpa Batas Waktu

95

MAKASSAR — Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar tahap dua yang akan diterapkan diketahui tanpa masa tenggat waktu pemberhentian.

Penjabat Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb mengatakan, masa waktu penerapan PSBB tahap dua akan berhenti berdasarkan kondisi penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

“Tidak ditentukan lagi waktunya, tetapi akan dilihat situasinya. Kalau sudah cukup, maka kita bisa hentikan,” jelas Iqbal Suhaeb, di Posko Gugus Tugas Covid-19 Makassar, Jalan Nikel Raya, Makassar, Rabu 6 Mei 2020.

Selain diberlakukan tanpa batas waktu, aturan PSBB Makassar tahap dua juga lebih longgar, dibanding tahap pertama yang berlaku sejak 24 April dan berakhir pada Kamis 7 Mei 2020 besok.

Menurut Pj Iqbal, pelonggaran aturan PSBB tahap kedua, karena warga Makassar dinilai mulai sadar dengan kebijakan ini. Dia mengklaim pihaknya sudah tegas menerapkan aturan pada masa PSBB tahap pertama.

“PSBB tahap satu kita agak tegas ya, mungkin di tahap kedua, masyarakat ini sudah banyak yang sadar, jadi sudah tidak perlu lagi ada, cukup imbauan-imbauan lagi,” jelasnya.

“Karena sudah masyarakat makin sadar, tidak perlu lagi terlalu sadar. Karena masyarakat sendiri sudah mulai terbiasa dengan hal tersebut,” ungkapnya.

PSBB Makassar tahap dua, kata Iqbal, akan bersinergi dengan penerapan aturan yang sama di Kabupaten Gowa dan juga akan berlangsung di Kabupaten Maros. Dua kabupaten ini merupakan daerah perbatasan Makassar di bagian utara dan selatan.

Dikatakannya, bahwa keputusannya mengajukan perpanjangan PSBB, karena khawatir masyarakat melakukan euforia dan kembali melakukan kerumunan saat corona sedang mengancam.

“Kalau misalnya PSBB kita berhentikan sampai tanggal 7 saja, kemungkinan besar apa yang telah kita capai akan terjadi euforia,” tutur Iqbal.

Komentar

loading...