TNI

Heli Penerbad Kecelakaan di Kendal, Pangdam Hasanuddin Turut Berduka

106

MAKASSAR-Insiden kecelakaan udara, menimpa Helikopter MI-17 milik TNI AD dengan nomor registrasi HA -5141 yang jatuh di Kaliwungu, Kecamatan Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Sabtu (6/6/2020) sekira pukul 13.40 WIB.

Helikopter MI-17 yang mengangkut sembilan penumpang ini jatuh dan kemudian terbakar. Menyebabkan empat orang crew meninggal dunia, sementara lima lainnya luka-luka, yang sementara ini menjalani perawatan di Rumah Sakit terdekat.

Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyampaikan rasa bela sungkawa atas insiden tersebut, yang menggugurkan empat perwira penerbang TNI AD (Penerbad).

“Kami segenap keluarga besar Kodam XIV Hasanuddin. Turut berdukacita atas gugurnya para prajurit terbaik Penerbad dalam kecelakaan Helikopter MI-17 di Kendal, Jawa Tengah,” ungkap Andi Sumangerukka, Minggu (7/6).

Adapun empat perwira TNI AD yang gugur yakni Kapten Cpn Kadek, Kapten Cpn Fredi, Kapten Cpn Y Hendro, Lettu Cpn Wisnu. Sedangkan lima personel lainnya yang luka yaitu, Lettu Cpn Vira Yudha, Praka Nanang, Praka Rofiq, Praka Supriyanto dan Praka Andi.

“Semoga Allah SWT, mengampuni segala dosa, dan menerima seluruh amal kebajikannya. Bagi keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan, serta prajurit yang luka-luka mendapat penanganan terbaik dan cepat diberikan kesembuhan Amin Yaa Rabbal Alamin,” imbuh Andi Sumangerukka.

Diketahui Helikopter tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1.

Awalnya Helikopter dinyatakan dalam kondisi baik sebelum terbang, karena saat dilaksanakan Pre-flight Check tidak ditemukan hal-hal menonjol. Selain itu, misi latihan terbang endurance pertama (sebelum misi ke-2) juga berjalan dengan aman.

Sekira pukul 12.35 WIB, Helikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang Tactical Manuver. Dan sekitar Pukul 13.40 WIB, Helikopter MI-17 ini jatuh di Kaliwungu, Kec. Kendal, Jawa Tengah.

Saat ini Penyebab jatuh-nya Helikopter MI-17 TNI AD masih dalam proses investigasi internal.(£)

Komentar

loading...