TNI

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel Terima Bantuan Alkes dari BNPB Pusat

108

MAKASSAR-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulsel menerima bantuan dari pemerintah pusat berbagai macam Alat Material Kesehatan (Almatkes)

Disaksikan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E dan sejumlah pejabat, bantuan diserahkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhajir Efendy kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Posko Gugus Tugas Covid-19 Sulsel, Balai Prajurit Jenderal M.Yusuf Jl. Jenderal Sudirman, Makassar. Minggu, (7/06/2020).

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel Terima Bantuan Alkes dari BNPB Pusat 1

Penyerahan bantuan disaksikan juga oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Pusat Doni Monardo yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional.

Almatkes yang diterima terdiri dari APD berupa masker bedah 40.000 pcs, medical gloves 3.000 pcs, masker N95 2.000 pcs dan APD lengkap 10.000 paket.

Untuk mempercepat pemeriksaan spesimen terhadap ODP dan PDP, pihak Gugus Tugas Pusat juga menyerahkan satu unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR) serta buppon cap 500 pcs.

“Kita hanya bisa selamat dan terhindar dari wabah ini dengan cara yang pertama disiplin, kedua disiplin dan ketiga disiplin, disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan”, terang Monardo.

Sebelum menyambangi Sulsel, rombongan tersebut juga telah mengunjungi Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan pada hari yang sama.

Kedua Provinsi tersebut menjadi perhatian khusus Presiden Jokowi karena angka kasus yang terus meningkat, bersama dua Provinsi lainnya, yakni Jawa Timur dan Sumatera Selatan.

“Kami menjalankan amanah dari Bapak Presiden untuk memberikan fokus ke Sulsel”, ujar Menteri Kesehatan Terawan.

Ia menyampaikan bahwa penanganan Covid-19 sudah on the track, sehingga sisa menurunkan angka kematian melalui komunikasi (edukasi dan sosialisasi) kepada masyarakat serta pihak Rumah Sakit untuk Penanganan Covid-19.

“Mudah-mudahan angka kesembuhannya di Sulsel bisa ditekan jadi 0 dan angka kematian juga jadi 0”, tambahnya.(£)

Komentar

loading...