TNI

Kodam XIV Hasanuddin,Kerahkan Prajurit Tangani Banjir di Bantaeng dan Buka Dapur Umun maupun Layanan Kesehatan

126

BANTAENG- Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengunjungi Kabupaten Bantaeng pasca bencana banjir bandang yang melanda pada Jumat (12/6) lalu.

Orang nomor satu di jajaran Kodam XIV Hasanuddin itu datang bersama rombongan di antaranya Aster Kasdam, Kolonel Arm Hari Wibowo, Asops Kasdam Kolonel Inf Freddino Silalahi, Dandim 1410/ Bantaeng, Letkol Czi Tambohule Wula disambut angsung Bupati Banteng Arkam DR Ilham Azikin, Minggu (14/6).

Kodam XIV Hasanuddin,Kerahkan Prajurit Tangani Banjir di Bantaeng dan Buka Dapur Umun maupun Layanan Kesehatan 1

Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan kunjungan merupakan respon simpatik kepada masyarakat Bantaeng yang dilanda bencana. Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah bantuan penanganan pasca banjir bandang.

Andi Sumangerukka menyiapkan bantuan berupa dapur umum, posko kesehatan, dan sembako untuk masyarakat yang terdampak di wilayah tersebut.
“Kita sudah siapkan dua titik untuk dapur umum, sambil kita mengevaluasi sampai mana efektivitas, kalau memang masih dibutuhkan, kita akan tambah lagi,” jelasnya.

Kodam XIV Hasanuddin,Kerahkan Prajurit Tangani Banjir di Bantaeng dan Buka Dapur Umun maupun Layanan Kesehatan 2

Posko Kesehatan, lanjut Sumangerukka disiapkan untuk mengantisipasi dampak kesehatan setelah banjir. “Selain itu, kita sama-sama tahu kalau kita sekarang berada di kondisi pandemi covid 19, Makanya kita siapkan. Apalagi biasanya setelah bencana alam seperti ini, dampak kesehatan bisa saja terjadi,” ucapnya.

Selain itu Andi Sumangerukka menerangkan telah mengirimkan bantuan personel sebanyak satu satuan setingkat kompi (SSK) dari Batalyon Infantro 726/ Tamalatea untuk membersihkan area material akibat bencana.

“Selain itu juga karena ada program TMMD yang sekarang sedang berlangsung pra. Maka satu bulan ke depan mereka (BKO) akan berada di sini (Bantaeng) untuk mengatasi masyarakat yang terdampak bencana,” ujarnya.

“Selanjutnya kita akan menyediakan kendaraan, untuk air bersih. Sekaligus hari ini kita serahkan bantuan sembako, untuk keperluan masyarakat sementara,” Andi Sumangerukka menambahkan.

Jenderal bintang dua TNI ini juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat di Posko Utama penanganan Banjir di Kelurahan Lamalaka.”Sekaligus kita beri bantuan sembako untuk masyarakat yang membutuhkan,” ucap Andi Sumangerukka.

Rombongan Kodam XIV Hasanuddin, juga meninjau langsung Cekdam Balang Sukuyu yang jebol tanggulnya di sisi kanan, akibat tidak mampu menampung debit air, karena Sungai Celendu meluap.

Andi Sumangerukka menambahkan bencana banjir bandang di Kabupaten Bantaeng merupakan cobaan ditengah pandemi covid-19. Olehnya itu, ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu-membahu mengatasi dampak bencana alam tersebut.

“Saya rasa bahwa bencana ini, kita harus sikapi bersama, dalam artian, kita juga sedang menghadapi masalah covid-19. Sehingga dibutuhkan kebersamaan, gotong royong pada semua elemen masyarakat yang ada. Untuk bahu membahu, selain masalah bencana, juga kesulitan masalah covid,” pungkasnya.(£)

Komentar

loading...