Kepulauan Tanakeke Takalar – Destinasi Wisata Baru Di Sulawesi Selatan

127
IndeksNews.Sulsel – Kepulauan Tanakeke berada di wilayah Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Posisinya masuk dalam kawasan Lautan Flores.

Dibanding pulau lain yang kerap jadi tujuan wisata di Sulsel, Tanakeke memang belum begitu terkenal. Namun, potensi keindahan alamnya tak perlu diragukan lagi.

Kepulauan Tanakeke adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kecamatan Kepulauan Tanakeke dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Takalar Nomor 3 tahun 2019. Kecamatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Mappakasunggu.

“Kepulauan Tanakeke ini adalah destinasi wisata dan menjadi pasar ikan terbesar di Sulsel. Saat ini warga sangat membutuhkan listrik, sarana kesehatan dan paramedis. Agar masyarakatnya sehat dan ekonominya menjadi lebih bagus, serta bisa beraktifitas di malam hari” ujar Camat Tanakeke, Mappaturung S.Sos 

Perjalanan menuju Pulau Tanakeke memang memakan waktu lumayan lama. Namun begitu sampai, rasa lelah akan menguap begitu saja begitu melihat sambutan hangat anak-anak dan warga sekitar.

Kepulauan Tanakeke Takalar - Destinasi Wisata Baru Di Sulawesi Selatan 1
Satangnga Beach adalah salah ikon dari Kepulauan Tanakeke
“Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan laut untuk sampai ke pusat kota kecamatan kepulauan Tanakeke. Itupun juga jika ombak bersahabat” ujar Kasi Perekonomian Kecamatan Tanakeke, Asrul Kadir.

Kepulauan Tanakeke adalah rumah bagi nelayan dan petani rumput laut.

Kepulauan Tanakeke Takalar - Destinasi Wisata Baru Di Sulawesi Selatan 2
Petani rumput laut di Kepulauan Tanakeke

Tanakeke memiliki nuansa alami yang benar-benar terjaga. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan dan petani rumput laut.

Kepulauan Tanakeke Takalar - Destinasi Wisata Baru Di Sulawesi Selatan 3

Tanakeke juga memiliki keindahan bawah laut mempesona. Tak jarang orang berkunjung ke sini hanya sekedar untuk menyelam. Menikmati indahnya biota laut sekitar dan menyapa hewan-hewan bawah air lucu nan menggemaskan.

Pulau ini juga sering digunakan sebagai tempat penelitian oleh para mahasiswa, tenaga pengajar, dan instansi-instansi perikanan. Hal tersebut lantaran ekosistem di sekitar Tanakeke dinilai masih sangat alami dan belum tercemar. Sangat cocok dijadikan sebagai laboratorium alami untuk meneliti kondisi lingkungan perairan.

Tak hanya ekosistem bawah lautnya, pemandangan di sekitar Pulau Tanakeke juga sangat indah. Pesona alamnya benar-benar mengagumkan. Apalagi jika sedang berada di kawasan dermaga pada sore hari. Pancaran mentari senja yang menerpa deretan mangrove menciptakan siluet indah nan mempesona.

Kepulauan Tanakeke Takalar - Destinasi Wisata Baru Di Sulawesi Selatan 4
Sunset di Tanakeke

Jika anda memiliki jiwa petualang dan hobby menyelam. Ayo ke Tanakeke dan nikmati indahnya alam bawah laut.

Komentar

loading...